Skip to main content

Inovasi Sektor Publik

Konsep, Metode & Strategi Inovasi Sektor Publik
Pelengkap Materi Diklat Kepemimpinan Pola Baru
ukuran 14 x 20,5 cm
tebal ix + 208 halaman
soft cover, isi jenis kertas book paper
Harga Rp. 110.000 belum ongkir


Inovasi menjadi salah satu alat mempercepat peningkatan daya saing Indonesia. Setiap elemen negara yang meliputi pemerintah, privat, masyarakat dituntut melakukan inovasi. Inovasi pada lingkungan instansi pemerintah meliputi antara lain kementerian, lembaga pemerintah non kementerian (LPNK), pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota sangat penting karena mengakselerasi inovasi privat dan masyarakat dalam meningkatkan pelayanan publik. Pemerintah daerah menjadi salah satu ujung tombak pelayanan publik yang wajib melakukan inovasi. Pelayanan publik yang inovatif akan meningkatkan pelayanan, pemberdayaan masyarakat, pertumbuhan ekonomi, dan daya saing yang semakin tinggi. Kemampuan daya saing daerah juga akan berpengaruh besar pada peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.

Bagi birokrasi pemerintah, kemampuan inovasi dari masing-masing lembaga pemerintah lah yang sesungguhnya sangat berperan dalam penciptaan kreatifitas dan inovasi yang berujung pada peningkatan kinerja birokrasi pemerintah. Kemampuan inovasi birokrasi pemerintah dimaknai sebagai kemampuan birokrasi pemerintah untuk mentransfor-masikan secara berkelanjutan pengetahuan dan gagasan ke dalam berbagai bentuk pelayanan, proses, dan sistem yang baru, bagi keuntungan lembaga dan stakeholder.

Kemampuan inovasi birokrasi pemerintah berkaitan dengan berbagai aspek manajemen, kepemimpinan, dan aspek teknis seperti alokasi sumberdaya stratejik, pemahaman kepentingan stakeholders, dan lain-lain. Buku ini terdiri dari 9 Bab. Bab 1 Membangun Kesadaran Kolektif Kolaborasi Inovasi. Bab 2 Manajemen Inovasi. Bab 3 membahas Desain Berfikir (Thinking Design) Sebagai Strategi Inovasi.  Bab 4 Siklus Inovasi Sektor Publik. Bab 5 membahas Inovasi Sektor Publik meliputi bahasan Sumber Inovasi, Proses Inovasi dan Faktor Penghambat Inovasi.  Bab 6 membahas Mindset Strategis. Bab 7 membahas Desain & Metode Inovasi. Bab 8 Kapasitas Untuk Berfikir Kreatif Dan Inovatif.  Bab 9 Mind Map dan Gagasan Baru. Dan yang terakhir disertakan pula Contoh 99 Top Inovasi Pelayanan Publik di lingkungan BUMN, BUMD dan Pemda se Indonesia. Buku ini dilengkapi dengan daftar index yang memudahkan pembaca mencari kata kunci secara cepat. Selamat berinovasi.

Tentang Penulis

Selepas kuliah, penulis bekerja sebagai tenaga kontrak instansi Dikmenjur di Malang kerjasama dengan Swisscontact Malang tahun 1993-1998. Penulis menimba pengalaman manajemen perubahan yang sangat berharga kepada Mr. Holger Rathgeber (sekarang bekerja sebagai Konsultan Manajer Global Kotter International), Mr. Dr. Walter Horn, Mr. Dr. Ulrich Klauss, dan Mr. Peter Mueller. Tugas pertamanya adalah membuat angket, analisis kepuasan pelanggan, kinerja instruktur pelatihan dan juga menyusun modul-modul pelatihan teknis komputer DOS dan MS Windows, MS Word dan MS Excel. Selanjutnya pindah ke bagian MIS mengolah data kepegawaian, dan aktivitas administrasi dengan menggunakan software Visual FoxPro.
Pernah mengikuti pelatihan Manajemen Kepemimpinan di Universitas Brawijaya Malang (1994), Brain Power di Surabaya (1995), Enterpreneur University, Malang (2011), Pelatihan Kepenulisan Biografi, Dapur buku Jakarta Selatan (2012), Psychotronika di Malang (2013), Wisata Epistemologi di RausyanFikr Yogyakarta (2016).
Diilhami oleh sebuah adagium: pengetahuan adalah iman yang diamalkan. Bersamanya manusia mendapat ketaatan dalam hidupnya dan nama baik setelah matinya, menjadi motivasi dalam menyusun buku-bukunya. Dan sekitar 2009 reuninya dengan almarhum Dr. Riduwan, MPd., MBA (semoga ruhnya damai dikasihi Nya) menjadi inspirasi terhebat. Buku yang pertama kali disusunnya antara lain: Teknik dan Tahapan Penyusunan Pola Kerja Terpadu (PKT) Bagi Peserta Diklatpim Tingkat IV (2011), Teknik dan Metode Manajemen Strategi Bagi Peserta Diklatpim Tingkat III (2011), Teknik Analisis Manajemen SWOT Untuk Menyusun KKP Diklatpim & Renstra (2012).
Setelah diberlakukannya Diklatpim Pola Baru, penulis menyusun buku: Merancang Proyek Perubahan (2014), Panduan Praktis Menyusun Laporan Proyek Perubahan (2014), Desain & Aplikasi Diagnostic Reading (2015), Konsep & Praktek Diagnosis, Rancangan dan Tatakelola Proyek Perubahan (2016), Stakeholder Proyek Perubahan- Analisis & Mobilisasi Dukungan Membangun Koalisi Perubahan (2016) dan Konsep, Metode & Strategi Inovasi Sektor Publik (2016). Breakthrough Proyek Perubahan (2017) dan Buku ini adalah bukunya yang ke 11.

Popular posts from this blog

Modul Materi Diklat PIM Tingkat III (versi LAN)

Selamat Datang. Bapak/Ibu yang akan mengikuti  kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III (Diklatpim III), yang dulu dikenal diklat SPAMA, akan dibekali lebih dari 20 modul ajar yang akan disampaikan dalam rentang waktu 345 jam pelajaran atau sekitar 42-46 hari, sekitar 7-8 minggu. Anda yang ingin mempelajari materi Diklat PIM III, silakan mengunduh (download) file materi  tersebut, dengan klik kata "unduh" berwarna merah pada sisi kanan judul.  Adapun modul ajar tersebut adalah sebagai berikut : Kepemimpinan Di Alam Terbuka — unduh Pengembangan Potensi Diri — unduh Isue Aktual Sesuai Tema — unduh Analisis Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) — unduh Teknologi Informasi Dalam Pemerintahan — unduh Teknik Analisis Manajemen (TAM) — unduh   Pembangunan Daerah Sektor Nasional — unduh Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) — unduh Pengembangan Pelaksanaan Pelayanan Prima — unduh Hukum ...

Contoh soal Evaluasi / Ujian Diklat Pim IV

1. Stephen Covey 1996, ada 6 ciri kepribadian yang dimiliki seorang leader / pemimpin. Sebutkan secara ringkas! Jawab : Jadilah proaktif Merujuk pada tujuan pemimpin dengan proses : perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan (POAC) Dahulukan yang utama hendaknya lebih cermat, cepat dalam mengatasinya Jangan mau menang sendiri atau diktator Memahami dulu kemudian dipahami Wujudkan sinerji organisasi. 2. Jelaskan apa yang saudara pahami tentang potensi diri? Jawab : persepsi seseorang thd dirinya dirinya yang terbentuk melalui pengalaman dan interaksi dglingkungan dan mendapat pengaruh dr orang2 yang dianggap penting, 3 (tiga) komponen : Diri ideal (self ideal), Citra diri (self image), Harga diri (self esteem) komponen yang bersifat emosional (paling penting menentukan sikap dan kepribadian) 3. Kode etik aparatur pemerintah secara keseluruhan harus ditetapkan oleh kepala pemerintahan. Mengapa? Jelaskan Jawab : Karena kepala pe...

Modul Materi Diklat PIM Tingkat IV

Selamat Datang. Bapak/Ibu yang akan mengikuti  kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV (Diklatpim IV), yang dulu dikenal diklat ADUM , akan dibekali lebih dari 15 modul ajar yang akan disampaikan dalam rentang waktu 290 jam pelajaran atau sekitar 35 hari, sekitar 5-6 minggu. Anda yang ingin mempelajari materi Diklat PIM IV, silakan mengunduh (download) file materi tersebut, silakan meng-klik pada kalimat yang digarisbawahi berikut ini : DASAR KEPEMERINTAHAN YANG BAIK ETIKA KEPEMIMPINAN APARATUR ISU AKTUAL KECERDASAN EMOSIONAL KONSEP INDIKATOR PEMBANGUNAN OPERASIONALISASI PELAYANAN PRIMA OTONOMI PEMBANGUNAN DAERAH PEMECAHAN MASALAH DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN (PMPK) PENGELOLAAN INFORMASI PENGENALAN PENGUKURAN POTENSI DIRI POLA KERJA TERPADU (PKT) SISTEM ADMINISTRASI NEGARA RI (SANR TEKNIK KOMUNIKASI Selamat mengikuti Diklat PIM IV, Semoga Sukses selalu.