Skip to main content

Contoh soal Evaluasi / Ujian Diklat Pim IV



1. Stephen Covey 1996, ada 6 ciri kepribadian yang dimiliki seorang leader / pemimpin. Sebutkan secara ringkas!
Jawab :
  1. Jadilah proaktif
  2. Merujuk pada tujuan pemimpin dengan proses : perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan (POAC)
  3. Dahulukan yang utama hendaknya lebih cermat, cepat dalam mengatasinya
  4. Jangan mau menang sendiri atau diktator
  5. Memahami dulu kemudian dipahami
  6. Wujudkan sinerji organisasi.

2. Jelaskan apa yang saudara pahami tentang potensi diri?
Jawab :
persepsi seseorang thd dirinya dirinya yang terbentuk melalui pengalaman dan interaksi dglingkungan dan mendapat pengaruh dr orang2 yang dianggap penting, 3 (tiga) komponen : Diri ideal (self ideal), Citra diri (self image), Harga diri (self esteem) komponen yang bersifat emosional (paling penting menentukan sikap dan kepribadian)

3. Kode etik aparatur pemerintah secara keseluruhan harus ditetapkan oleh kepala pemerintahan. Mengapa? Jelaskan
Jawab :
Karena kepala pemerintahan merupakan sebagai pimpinan yang mempunyai wewenang untuk menetapkan kode etik tsb agar seluruh bawahan dapat taat dengan aturan yang telah ditentukan. Kode etik merupakan sebagai acuan /pedoman dalam bersikap dan bertindak dari seluruh jajaran organisasi pemerintahan dan pelanggarannya akan membawa konsekuensi moral.

4. Sebut dan jelaskan peran kepemimpinan untuk dpt menumbuhkan kecerdasan emosional di tempat kerja
Jawab :
  1. Integritas Kepemimpinan yaitu Aspek integritas kepribadian ini selalu menjadi aspek yang paling kritis dalam pengembangan kemampuan kepemimpinan.
  2. Pribadi yang unggul : Daya saing kita sebagai bangsa atau aparatur yang hidup ditentukan oleh ke tiga unsur dalam daya saing (analisa lingkungan strategis internal maupun eksternal / inovasi / sifat keunggulan organisasi)

5. Administrasi Pembangunan bersumber dari administrasi public dan administrasi pembangunan adalah untuk negara2 yang sedang berkembang mengapa negara2 berkembang diperlukan adanya administrasi public yang mampu menyelenggarakan pembangunan menjadi persyarat bagi berhasilnya pembangunan jelaskan?
Jawab :
karena ada 2 sisi batasan pengertian administrasi pembangunan tersebut sisi pertama mencakup upaya untuk mengendali peran administrasi public dalam pembangunan. Sisi ke 2 mencakup kehendak untuk mempelajari dengan cara bagaimana membangun administrasi Negara.

6. Jelaskan konsep pemerintahan yang baik?
Jawab :
Pemerintahan yang baik (good governance) adalah :penyelenggaraan pemerintahan Negara yang solid dan bertanggungjawab, serta efisien dan efektif dg menjaga menyinergikan interaksi yang konstruktif diantara komponen-komponen Negara, sector swasta dan masyarakat.
Dalam PP No. 101/2000 disebuntukan prinsip-prinsip kepemerintahan yang baik, yang terdiri dari Profesional, Akuntabilitas, Tranparansi, Pelayanan Prima, Demokrasi, Efisiensi, Efektifitas, Supermasi Hukum.

7. Apa manfaat dari penghapusan dalam manajemen materiil?
Jawab : manfaat penghapusan dalam manajemen adalah penghapusan barang milik Negara dari daftar barang dengan membritakan keputusan dari pejabat yang berwewenang untuk membebaskan pengguna barang dan atau Kuasa Pengguna Barang dari tanggung jawab administrasi dan fisik barang yang berada dalam penguasaan pemanfataannya.

8. Jelaskan dg singkat, apa yang saudara pahami tentang koordinasi dan bagaimana cara mengimplementasikannya diantara aparatur pemerintah?
Jawab :
Koordinasi merupakan upaya memadukan (mengintegrasikan), menyerasikan dan menyelaraskan berbagai kepentingan dan kegiatan yang saling berkaitan beserta gerak, langkah, dan waktunya dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran bersama.
Koordinasi di dalam pemerintahan sangat diperlukan hubungan kerja baik bersifat internal atau di lembaga itu sendiri maupun eksternal atau dengan lembaga lainnya. Tambahkan contoh yang relevan.

9. Tujuan akhir dari pelayanan adalah mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang berdaya untuk mengurusi semua persoalannya langkah atau tindakan apa saja yang dilakukan pemerintah agar tujuan tersebut tercapai jelaskan?
Jawab :
tugas pemerintah yaitu melindungi masyarakatnya baik dari keamanan dan kepastian (hukum, sosial budaya dan politik).

10. Menurut Kapner Trigoe jika saudara menghadapi banyak masalah yang tumpang tindih dan saling berbelit maka sulit bagi saudara bila memulai masalah tersebut?
Jawab :
Yaitu dengan cara menguraikan terlebih dahulu dengan seksama satu per satu hal-hal apa yang membuat kita risau. Teknik untuk merinci kerisauan inilah yang disebut dengan penilaian situasi yang berguna untuk menilai situasi juga bermakna mengindentifikasi prioritas masalah yang ada. Tahap-tahap penilaian situasi sbb :
1)     kenalilah kerisauan dalam situasi yang menghendaki tindakan;
2)     Memilah-milah kerisauan untuk memusatkan perhatian pada hal-hal yang lebih spesifik;
3)     tentukan kriteria2 prioritas untuk mengatur urutan penyelesaian kerisauan2 tersebut melalui teknik MGD/USG;
4)     Tentukan posisi kerisauan2 untuk mengindentifikasi proses yang paling sesuai terhadap penyelesaiannya selanjutnya.

11. Sebuntukan criteria keberhasilan dalam komunikasi?
Jawab :
kita harus memamhami karakter seseorang yang diak komunikasi, sehingga apa yang kita sampaikan terhadap orang lain atau yang diajak komunikasi bisa menyambung. Atau kata lain kriterianya adalah
1)     Kepercayaan penerima pesan (komunikan) terhadap komunikator serta keterampilan komunikator berkomunikasi (menyajikan isi komunikasi sesuai tingkat nalar komunikan;
2)     daya tarik pesan dan kesesuan pesan dengan kebutuhan komunikan;
3)     Pengalaman yang sama tentang isi pesan antara komunikator dan komunikan;
4)     kemampuan komunikan menafsirkan pesan, kesadaran dan perhatian komunikan akan kebutuhan atas pesan yang diterima;
5)     setting komunikasi yang kondusif (nyaman, menyenangkan, menantang);
6)     sistem penyampaian pesan berkaitan dengan metode dan media yang sesuai dengan jenis indera penerima pesan.

12. Mengapa suatu organisasi memerlukan perencanaan strategis? jelaskan.
Jawab :
Perencanaan strategis adalah suatu metoda untuk menggunakan secara bersama kekuatan internal dan eksternal sehingga perubahan yang cukup berarti dapat dilakukan. Suatu organisasi harus tetap memperhatikan faktor lingkungan yang mempengaruhinya, sehingga perencanaan strategis bagi organisasi menekankan pada kerangka masa depan dengan tetap memperhatikan peluang atau kesempatan baru. Tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan keuntungan dan manfaat dari peningkatan keberhasilan organisasi. Perencanaan strategis organisasi diterjemahkan melalui Visi, Misi, tujuan dan sasaran serta program dan kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi.

13. Ada berapa tahapan perkembangan sistim informasi manajemen sebuntukan dan jelaskan?
Jawab :
Lima (5) tahap perkembangan SIM sebagai berikut :
  1. SIM Tradisional; paling sederhana dan mengandalkan tenaga manusia
  2. SIM dengan dukungan EDP; sdh menggunakan komputer , untuk pengolahan data yang rutin, ex. Keuangan, kepegawaian, material
  3. SIM berdasarkan Komputer; pd tahap ini penggunaan komputer sudah terpadu, database, standar laporan
  4. SIM sebagai Sistem Penunjang keputusan; hardware, software , data base
  5. Sim sebagai Sistem Ahli; pd tahap ini sudah benar2 mengandalkan kemampuan komputer, dimana sudah bisa mendiagnosis masalah dan memberikan alternatif pemecahannya berserta pertimbangan2nya. Dimana Hardware dan software komputer sudah dilengkapi inteligensia buatan.

14. Apa yang dimaksud dengan struktur umur dalam konsep pembangunan?
Jawab :
struktur umur merupakan gambaran tentang komposisi penduduk menurut umur yang umumnya dibagi atas kelompok umur yang paling muda sampai yang paling tua dengan interfal setiap 5 tahun. Struktur umur bagi negara berkembang mempunyai karakteristik yang mempunyai beberapa implikasi permasalahan yang menyangkut proporsi penduduk usia kerja denga proporsi penduduk dibawah usia kerja, laju pertumbuhan penduduk yang tetap tinggi walaupun angka kelahiran telah sangat menurun, dan permasalahan pertumbuhan angkatan kerja yang relatif tinggi dibandingkan negara maju. Karakteristik yang sangat menonjol adalah proporsi penduduk di bawah 15 tahun dan di atas 15 tahun.

15. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 9 Tahun 2003 apa yang menjadi kewenangan pejabat Pembina kepegawaian pusat kabupaten /kota dalam pengangkatan pemindahan dan pemberhentian pegawai negeri sipil?
Jawab :
Rekruitmen pegawai pusat dan pemerintah daerah haruslah berdasarkan kuota yang ditentukan oleh MENPAN dan BKN yang telah disampaikan melalui MENDAGRI. Dalam hal pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian PNS harus memperhatikan proporsional kebutuhan suatu daerah/ instansi pusat, sehingga tidak terjadi kelebihan PNS di suatu daerah tetapi daerah lain terjadi kekuarangan.

16. Asas-asas umum penyelenggaraan Negara merupakan acuan dalam penyelenggaraan Negara sebuntukan dan jelaskan asas umum penyelenggaraan Negara tersebut?
Jawab :
1. Asas kepastian hukum , 
2. Asas kepentingan umum ; 
3. Asas keterbukaan; 
4. Asas proposionalitas; 
5. Asas profesionalitas ; 
6. Asas akuntabilitas :

17. Bagaimanakah karangka berpikir didalam Pola Kerja terpadu sehingga mencapai efisensi dan efektivitas sasaran kerja? jelaskan!
Jawab :
PKT adalah suatu proses yang sistematis untuk mencapai tujuan organisasi melalui penetapan sasaran kerja dan kemudian dirinci dalam paket kerja. 5 tahap proses PKT yaitu
1)     memilih;
2)     menetapkan;
3)     menvalidasi;
4)     mengwujudkan sasaran;
5)     mengendalikan kegiatan.
Sehingga kerangka PKT adalah suatu sistem yang cukup ringkas untuk dilaksanakan dalam lingkungan kerja.

18.   Berikan uraian singkat bagaimana Saudara dapat membangun dan mengembangkan budaya kerja yang baru di organisasi.
Jawab :
Budaya kerja baru dapat kita bangun yaitu Seorang pemimpin harus dpt menciptakan suasana nyaman dilingkungan kerja, mempunyai ide2 baru yang cerdas dan mencermati hal2 yang sangat diperlukan dalam lembaga demi kemajuan lembaga tsb.

Popular posts from this blog

Modul Materi Diklat PIM Tingkat III (versi LAN)

Selamat Datang. Bapak/Ibu yang akan mengikuti  kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III (Diklatpim III), yang dulu dikenal diklat SPAMA, akan dibekali lebih dari 20 modul ajar yang akan disampaikan dalam rentang waktu 345 jam pelajaran atau sekitar 42-46 hari, sekitar 7-8 minggu. Anda yang ingin mempelajari materi Diklat PIM III, silakan mengunduh (download) file materi  tersebut, dengan klik kata "unduh" berwarna merah pada sisi kanan judul.  Adapun modul ajar tersebut adalah sebagai berikut : Kepemimpinan Di Alam Terbuka — unduh Pengembangan Potensi Diri — unduh Isue Aktual Sesuai Tema — unduh Analisis Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) — unduh Teknologi Informasi Dalam Pemerintahan — unduh Teknik Analisis Manajemen (TAM) — unduh   Pembangunan Daerah Sektor Nasional — unduh Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) — unduh Pengembangan Pelaksanaan Pelayanan Prima — unduh Hukum ...

Modul Materi Diklat PIM Tingkat IV

Selamat Datang. Bapak/Ibu yang akan mengikuti  kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV (Diklatpim IV), yang dulu dikenal diklat ADUM , akan dibekali lebih dari 15 modul ajar yang akan disampaikan dalam rentang waktu 290 jam pelajaran atau sekitar 35 hari, sekitar 5-6 minggu. Anda yang ingin mempelajari materi Diklat PIM IV, silakan mengunduh (download) file materi tersebut, silakan meng-klik pada kalimat yang digarisbawahi berikut ini : DASAR KEPEMERINTAHAN YANG BAIK ETIKA KEPEMIMPINAN APARATUR ISU AKTUAL KECERDASAN EMOSIONAL KONSEP INDIKATOR PEMBANGUNAN OPERASIONALISASI PELAYANAN PRIMA OTONOMI PEMBANGUNAN DAERAH PEMECAHAN MASALAH DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN (PMPK) PENGELOLAAN INFORMASI PENGENALAN PENGUKURAN POTENSI DIRI POLA KERJA TERPADU (PKT) SISTEM ADMINISTRASI NEGARA RI (SANR TEKNIK KOMUNIKASI Selamat mengikuti Diklat PIM IV, Semoga Sukses selalu.